Minggu, 30 April 2017

Pasang Behel Medan Murah Berkualitas oleh Drg profesional

Pemasangan kawat gigi/behel (atau disebut braces) bisa dibilang adalah salah satu bagian dari dental kosmetik untuk tujuan estetika. Senyum yang indah itu bisa terpancar dari gigi yang rapi dan indah sehingga paras tentunya lebih enak untuk dilihat.

Dalam dunia ortodonti, pemasangan behel ini tujuan utamanya untuk merapikan gigi yang protusif (maju), crowded (bertumpuk), tidak bisa mengatup sempurna, merubah bentuk rahang yang tidak asimetris akibat alasan tertentu, dsb. Walau kadang di Medan ada juga pasien yang memasang behel hanya karena trend semata.

Lebih baik konsultasi dulu dengan beberapa dokter gigi yang akan menangani anda. Bandingkan kualitas pelayanannya, kompentensinya, dan juga harganya yang bersaing. Murah Bukan berarti murahan loh.


MedanDentalClinic memberikan pelayanan terbaik kepada para pasien di kota medan dan sekitarnya. Dengan harga yang terjangkau dan kualitas pelayanan yang baik, terbukti sudah banyak pasien anak-anak, remaja, hingga dewasa yang memasang behel di klinik kami. Dan setelah 2 tahun para pasien puas dengan hasil yang mereka dapatkan. Untuk konsultasi gratis silahkan kontak kami.

Ada beberapa tahapan wajib sebelum dilakukan pemasangan behel:
  • Foto Panaromik : Tujuannya untuk melihat kondisi gigi pasien, lalu melakukan pencetakan gigi. Kadang pasien harus melakukan pembersihan Karang gigi (scalling) terlebih dahulu.
  • Lalu dokter akan melakukan diagnosis.
  • Diskusi tahap pemasangan-perawatan behel: Disini dokter akan menjelaskan kondisi gigi pasien, memberikan pilihan kepada pasien tentang jenis kawat gigi yang akan dipasang, perkiraan biaya pemasangan, perawatan, apakah nantinya perlu memakai retainer setelah kawat gigi dilepas, dll.
Biaya
Adapun harga pemasangan dan perawatan kawat gigi: sekitar 4 juta- 9 juta. Sedangkan perawatan bisa 60 ribu – 300 rb/kunjungan.
Lama Penggunaan Behel
Biasanya sekitar 2-3 tahun. Tergantung kondisi tiap individual
Perawatan Kontrol Rutin
Biasanya kunjungan tiap 3-4 minggu sekali. Tergantung ringan/beratnya kasus.
Berbagai jenis behel yang tersedia:


1. Kawat Gigi Tradisional/ Conventional Metal Braces

Ini adalah jenis yang paling umum. Harganya lumayan terjangkau (kadang bisa dicicil). Pemakaian biasanya selama 2 tahun, dengan 3 minggu sekali kontrol.

2. Transparent Braces

Ini adalah jenis kawat gigi yang transparan. Warnanya juga akan didesain sama dengan warna gigi, terkecuali lengkungan kawatnya yang mungkin akan kelihatan.
Jenis ini tidak akan menyebabkan noda pada behel meskipun sudah menyantap makanan seperti saus, sambal, bahkan kari.
Behel transparan juga ada 3 jenis yaitu: Composite Braces, Ceramic Braces (keramik), dan Sapphire Braces.
Sapphire braces mempunyai level kebeningan tertinggi diantara ke 3 nya. Sehingga biayanya lebih mahal.
Biaya pemasangan transparent braces ini lebih mahal daripada metal braces biasa.
Jangka waktu pemakaian sama dengan behel tradisional.

3. Self-Ligating Braces

Self-Ligating Braces adalah pengembangan terbaru dari behel konvensional yang menggabungkan antara high-tech dengan kebutuhan pasien untuk perawatan yang cepat.  Self-Ligating braces menggunakan bracket dengan penutup dan pembuka engsel. Jadi kawat gigi ini tidak membutuhkan karet. Karena karet tidak dibutuhkan, maka tekanan pada gigi akan berkurang. Sehingga tidak menimbulkan rasa sakit pada saat pemakaian.
Kelebihan lainnya, bracket ini bekerja memberikan hasil yang lebih cepat daripada behel jenis biasa. Ditambah durasi waktu kontrol yang lebih lama yaitu sekitar  tiap 2 bulan atau 8 minggu.
Self-Ligating Braces terdiri dari: Prodigy, Damon Quantum, dan Damon Clear. Damon clear adalah yang paling diminati karena yang jenis ini adalah bening/transparan.

4. Lingual Braces

Behel lingual ini merupakan metode orthodonti terbaru untuk pasien yang sangat peduli dengan Estetika. Hal ini karena kawat di tempatkan pada sisi lidah (lingual) pada gigi.
Behel ini tidak akan terlihat oleh siapa pun kecuali pasien yang merasakan sendiri. Lingual Braces sebenarnya mirip seperti behel tradisional, hanya letaknya yang tersembunyi. Biaya pemasangan Lingual Braces cukup mahal karena pengerjaannya sulit.

5. Invisalign

Invisalign memakai konsep baru untuk merapikan gigi tanpa menggunakan bracket tradisional. Ini adalah serangkaian aligners yang berubah setiap 2 minggu secara bertahap menggeser gigi pasien.
Aligner adalah cetakan (mirip retainer) yang bisa di lepas lalu di pasang. Kelebihan menggunakan behel jenis ini adalah dapat aligner nya bisa di pergunakan sesuka hati pasien. Sedangkan kelemahannya nya yaitu proses merapikan gigi menjadi lebih lama, ketimbang kawat gigi tradisional yang tidak bisa lepas pasang sesuka hati. Pengguna jenis ini biasanya pasien yang masih memiliki masalah gigi tahap ringan.

Kesimpulan:
1. Wajib cari dokter gigi yang berpengalaman, ramah, dan menawarkan harga yang kompetitif.
2. Pilih jenis kawat gigi sesuai budget anda.
3. Pastikan ikuti saran dokter selama masa perawatan.
4. Jangan pernah pasang behel di tukang gigi yang menawarkan harga murah. Sebab itu berbahaya, dan mereka tidak berkompeten melakukan hal tersebut.

Related Posts

Pasang Behel Medan Murah Berkualitas oleh Drg profesional
4/ 5
Oleh